FAQ

Ini ekskul apaan si?

EDS UI adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mengedepankan kemampuan berpikir kritis dan berbicara di depan umum melalui kegiatan debat parlementer.

Di ajarin bahasa Inggris ngga disini? Kalo ngga bisa bahasa Inggris gimana?

Yang diperlukan untuk ikut EDS cukup bahasa Inggris dasar (ie. kalo ngomong orang ngerti). Ntar lama-lama karena sering ikut latihan dan dipraktekan diharapkan bahasa Inggrisnya bisa meningkat.

 

Kalau ngga tahu debat gimana? Serem ngga?

 

Debating is all around us; on the television, in the newspapers, and in our own homes. As a society, we debate about almost everything-from tax reform to mowing the lawn. Debating is everywhere, and everyone can do it. - Simon Quinn, DEBATING

Mungkin yang belum dikenal itu debat kompetitif yang formal. Justru di UKM ini dikenalin sama macam-macam format debatseperti Asian Parliamentary, British Parliamentary, dll. Awalnya si mungin serem bicara di depan banyak orang, tapi kalo terbiasa jadinya seru, bahkan bisa ketagihan ;p.

Kegiatanya apa aja?

Anggota EDS UI berpartisipasi dalam lomba debat Inggris nasional maupun internasional, menyelenggarakan lomba debat: Newbies, Founders Trophy, dan yang paling baru UI’s Debating Challenge, serta mengadakan seminar dan workshop debat dan public speaking.

Latihannya kapan? Latihanya ngapain aja?

Latihan regular hari Rabu jam 16.00 – 18.00 dan Sabtu jam 10.00-12.00 di Pusgiwa UI Depok. Latihannya bahas isu-isu hangat, konsep, dan praktek debat.

Ada seleksinya engga?

Ada. Seleksinya dalam bentuk Walk in Interview di Pusgiwa dengan jadwal yang biasanya akan diberitahukan melalui milis maupun sms. Yang dinilai kemampuan bahasa Inggris dan motivasi/komitmen ikut EDS, tapi yang terakhir menjadi pertimbangan utama.

Inaugurasi apa?

Inaugurasi adalah acara penerimaan anggota baru EDS. Di acara ini diajari konsep dan komponen debat, perkenalan sama anggota alumni dan senior, dan penjelasan hak dan kewajiban sebagai anggota EDS UI